Contoh Soal Psikotes dan Cara Penyelesaiannya [Tips Lulus Tes]

Contoh soal psikotes - Baru-baru ini, kami sering melihat banyak sekali permintaan/pencarian tentang soal psikotes di Google. Memang ada apa sih dengan psikotes ini itu sendiri? Apakah penting dalam mencari pekerjaan?

Contoh Soal Psikotes Tips Lulus Tes Kerja

Baiklah, mari kita simak dulu apa sih itu psikotes? psikotes atau tes psikologi merupakan sebuah ujian/tes untuk mengetahui kondisi kejiwaan dari seseorang. Maka dari itu, kami juga akan sedikit membagikan contoh soal psikotes pdf agar Anda lebih mudah nantinya mempelajari tes ini.

Kembali lagi ke psikotes, untuk apa sih psikotes lebih jauh selain pembahasan tadi diatas? Tes psikologi itu diberikan sebagai alat atau sarana bagi Psikolog untuk dapat memahami secara menyeluruh bagian-bagian psikologis individu agar dapat memberikan gambaran (profile psikogram) setiap individu yang mengikuti tes tersebut.

Sedangkan menurut Wikipedia adalah, bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis psikometri.

Contoh Soal Psikotes dan Cara Penyelesaiannya


Jadi sudah tahu kan apa itu psikotes sendiri? ada banyak soal-soal mengenai psikotes atau bisa kita sebut jenis tes psikologi, antara lain:

  • Psikotes Wartegg
Untuk jenis tes ini, biasanya Anda akan diminta untuk menggambar sesuatu sesuai pola yang sudah digambar sebelumnya. Misalkan hanya ada sebuah titik atau kotak, nantinya Anda harus membuat gambar dengan pola tersebut menjadi gambar yang lebih.

  • Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)
Tes ini berupa mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kecocokan dengan posisi kerja yang kita lamar. Tips untuk mengerjakannya adalah pilihlah salah satu pernyataan sesuai dan ada pada diri kamu jangan keduanya.

  • Test Kraepelin atau Pauli atau Tes Koran
Tes ini berbentuk angka yang sangat banyak, biasanya satu lebar koran dari atas hingga bawah. Dan Anda harus menjawabnya, disini Anda akan merasa tertekan karena harus cepat dan tepat.

  • Tes Logika Penalaran
Ini yang sering kita lihat, tes ini merupakan paling familliar diantara tes psikologi jenis lain. Tes ini berbentuk gambar disuruh untuk membuat prediksi dari pola-pola/kecenderungan tertentu dalam wujud gambar seperti tes IQ.

Ok, langsung saja unduh contoh soal psikotes terlengkap dibawah.


Semoga contoh soal ini bermanfaat untuk Anda dan membuat Anda lulus tes kerja dan mampu menunjukan kepribadian Anda yang seperti mereka inginkan.

0 Response to "Contoh Soal Psikotes dan Cara Penyelesaiannya [Tips Lulus Tes]"

Post a Comment